Senin, 21 Juli 2014

Bakakak Bilqis



Kelompok Bilqis merupakan kelompok SPP yang berlokasi di Dusun Cibodas, RT.01 RW 02 Desa Kertamekar, Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang. Kelompok yang diketuai Ibu Karistina ini beranggotakan 19 orang. Lebih dari empat kali kelompok ini mendapat suntikan dana bergulir sejak bulan April 2011. Semula hanya beranggota 12 orang, sekarang menjadi 19 orang.

Usaha anggota kelompok Bilqis cukup potensial. Salah satunya olahan ayam panggang/bakar yang dinamai Bakakak Bilqis. Usaha ini sudah berjalan cukup lama bahkan sebelum adanya program PNPM. Hadirnya dana bergulir menjadikan usaha ini kian maju. Sebab, selain bantuan permodalan juga diberikan pelatihan dan fasilitasi pemasaran.

Keberhasilan usaha anggota kelompok Bilqis ditandai dengan pembuatan Saung (warung) sebagai tempat pengembangan dan pembinaan anggota maupun pihak terkait. Akhirnya, selain ayam bakakak, mereka juga mengambangkan produk ranginang, sale, keripik singkong dan keripik pisang.

Sesuai usulan mereka, pada akhir tahun 2013 lalu kelompok SPP Bilqis menginginkan adanya bantuan teknis pelatihan peternakan ayam kampung untuk mendukung usaha mereka. Fasilitator Kecamatan bersama UPK Tanjungkerta pun menyambut baik dengan melibatkan Dinas Peternakan Kabupaten Sumedang. Pada saat itu, 19 anggota dilatih teknik budidaya seperti penyiapan bibit, tempat, teknik pemeliharaan, pencegahan penyakit dan lain sebagainya.

Meskipun pelatihan ini baru dilaksanakan, tampaknya kelompok SPP Bilqis merasa termotivasi untuk mempraktekkan langsung. Apalagi, ayam bakakak mereka kian diminati. Setiap hari selalu ada order, tak hanya dari desa setempat, tetapi juga dari kecamatan dan kabupaten lain. Bahkan sering dipesan untuk acara seperti Musrenbang Kabupaten maupun Provinsi.

Mau tidak mau kebutuhan ayam kampung pun meningkat. Kini saung Bilqis telah membudidayakan ternak ayam kampung. Meskipun jumlah belum seberapa diharapkan kelak mereka bisa mandiri dari mulai bahan baku, proses hingga pemasaran. Apalagi di Kabupaten Sumedang telah didirikan gerai produk kreatif desa yang secara khusus difungsikan untuk memfasilitasi pemasaran produk PNPM Mandiri Perdesaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Link Terkait